Pages

Selasa, 07 Juni 2011

Kenali Kondisi HD dari Suaranya

Seperti layaknya sebuah alat, tentu memiliki umur. Begitu juga hard disk. Jika hard disk sudah “berumur” alias tua, bisa menyebabkan hilangnya data-data di komputer kita. Kalau sudah hilang, pasti kita yang repot sendiri, kan? Nah, untuk mengetahui kondisi hard disk, ternyata cukup dengan mendengarkan suaranya. Kok bisa? Yuk kita lihat…
Para pembuat hard disk (vendor) telah menyetel produknya sehingga jika produknya sudah tua, maka ketika diakses/digunakan akan mengeluarkan suara khusus. Tiap vendor memiliki suara yang berbeda-beda. Karena itu, sekarang telah ada tool yang memudahkan kita mengetahui kondisi hard disk dari suaranya. Untuk mengaksesnya kunjungi situs berikut: http://datacent.com/hard_drive_sounds.php
DataCent telah membuat sebuah database yang berisi berbagai suara Hardisk yang bermasalah atau sudah sampai umurnya. DataCent menyertakan berbagai merk Hardisk populer seperti : Western Digital, Seagate, Maxtor, Samsung, Hitachi/IBM, Toshiba, Fujitsu serta Quantum. Pilih jenis Hardisk sesuai dengan merk atau vendor yang kita gunakan, kemudian coba dengan beberapa suara yang ada disana. Jika Hardisk kita bersuara mirip dengan apa yang ada di DataCent, maka segera Backup data-data penting yang ada di hardisk, karena kemungkinan hardisk sudah mengalami kerusakan.
Untuk mendengarkan suara, klik saja icon (gambar segitiga) yang ada di setiap vendor Hardisk dari website DataCent.
Jika data sudah di backup, untuk mengatasi hardisk yang bermasalah ini mungkin bisa dicoba dengan mem-format penuh hardisk tersebut, dan lihat hasilnya. Jika ternyata suara aneh masih tetap terdengar, maka bersiaplah untuk menggantinya dengan hardisk yang baru.
Jika kita belum tahu apa merk atau vendor Hardisk yang kita gunakan, maka kita bisa menggunakan sofware gratis seperti Speccy. Untuk mengetahui lebih detail mengenai software ini silahkan lihat artikel saya Mengetahui Spesifikasi Komputer Lebih Mendetail.
Untuk memperdalam masalah hard disk, ada juga software yang mampu mengetahui kondisi hard disk sampai sedetail-detailnya, namun belum memiliki fitur untuk mengetahui umur hard disk. Software-software itu mungkin bisa jadi pelengkap tips ini. Silahkan baca artikel Cara Mengetahui Kondisi Hard Disk Lebih Mendetail.
sumber :http://arisudev.wordpress.com/2011/02/10/kenali-kondisi-hard-disk-dari-suaranya/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar